Pages

SL

Jumat, 06 Januari 2017

FUNGSI MENU DAN IKON MS WORD 2007



FUNGSI MENU DAN IKON MS WORD 2007

Office Button
Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word).

No
Nama Icon
Fungsi
1
New
untuk membuat file dokumen kosong baru
2
Open
untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3
Save
untuk menyimpan file dokumen aktif
4
Save As
untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
5
Print
untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6
Prepare
untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
7
Send
untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
8
Publish
untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
9
Close
untuk menutup file dokumen aktif

TAB HOME
Group Clipboard
No
Nama Icon
Fungsi
1
Paste
untuk menempelkan hasil copy atau cut
2
Cut
untuk memotong teks/objek terpilih
3
Copy
untuk menggandakan teks/objek terpilih
4
Format Painter
untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

Group Font
No
Nama Icon
Fungsi
1
Font
untuk memilih jenis huruf
2
Font Size
untuk mengatur ukuran huruf
3
Grow Font
untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4
Shrink Font
untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5
Change Case
untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6
Clear Formatting
untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7
Bold
untuk menebalkan teks terpilih
8
Italic
untuk memiringkan Teks terpilih
9
Underline
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10
Strikethrough
memberikan tanda coret padateks terpilih
11
Subscript
untuk mengetik karakter pemangkatan
12
Superscript
untuk mengetik karakter pemangkatan
13
Text Effect
untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14
Text Highlight Color
untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15
Font Color
untuk mengatur warna teks terpilih





Group Paragraph
No
Nama Icon
Fungsi
1
Bullets
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2
Numbering
untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3
Decrease Indent
untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4
Increase Indent
untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5
Left-to-Right
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6
Right-to-Left
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7
Sort
untuk menyortir data
8
Show Paragraph Marks
untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
9
Align Text Left
untuk mengatur teks rata kiri
10
Center
untuk mengatur teks rata tengah
11
Align Text Right
untuk mengatur teks rata kanan
12
Justify
untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13
Line Spacing
untuk mengatur jarak antar baris teks
14
Shading
untuk mengatur warna latar teks terpilih
15
Border
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih

Group Styles
No
Nama Icon
Fungsi
1
Heading Styles
berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
2
Change Styles
berisi pilihan pengaturan tema paragraph

Group Editing
No
Nama Icon
Fungsi
1
Find
untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2
Replace
untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3
Select
untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

TAB INSERT
Group Pages
No
Nama Icon
Fungsi
1
Cover Page
Untuk membuat cover/ sampul depan
2
Blank Page
untuk menyisipkan sebuah halaman baru
3
Page Break
Untuk memulai halaman selanjutnya pada posisi saat ini
Group Table
No
Nama Icon
Fungsi
1
Table
untuk membuat table
Group Illustrations
No
Nama Icon
Fungsi
1
Picture
untuk menyisipkan gambar ke dalam dokumen
2
Clip Art
Untuk menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat
3
Shapes
untuk membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
4
SmartArt
untuk menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
5
Chart
untuk membuat diagram
Group Links
No
Nama Icon
Fungsi
1
Hyperlink
Untuk menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
2
Bookmark
untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen
3
Cross-reference
Digunakan untuk menyisipkanfootnote,caption, cross reference, dan indeks
Group Header & Footer
No
Nama Icon
Fungsi
1
Header
untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
2
Footer
untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
3
Page Number
untuk menyisipkan nomor halaman ke dokumen
Group Text
No
Nama Icon
Fungsi
1
Text Box
untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen
2
Quick Parts
untuk menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
3
 WordArt
untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
4
Drop Cap
Untuk menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraph
5
Signature Line
Untuk menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
6
Date & Time
untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif
7
Object
untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen

Group Symbols
No
Nama Icon
Fungsi
1
Equation
untuk membuat format matematika
2
Symbol
untuk penyisipan simbol-simbol khusus

Tab Page Layout
Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
Group Themes
No
Nama Icon
Fungsi
1
Themes
untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2
Color
untuk mengatur warna tema halaman
3
Fonts
untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
4
Effect
untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen
Group Page Setup
group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Margins
untuk mengatur batas teks di halaman dokumen
2
Orientation
untuk mengatur posisi kertas
3
Size
untuk mengatur ukuran halaman
4
Columns
untuk mengatur jumlah kolom teks
5
Breaks
untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
6
Line Numbers
untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
7
Hypenation
untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
Group Page Background
Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Watermark
untuk memberikan efek tanda air di belakang teks
2
Page Color
untuk mengatur warna latar halaman
3
Page Borders digunakan
untuk mengatur garis tepi halaman
Group Paragraph
perintah-perintah yang terdapat group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Indent
untuk mengatur batas teks
2
Spacing
untuk mengatur jarak antar paragraf
Group Arrange
No
Nama Icon
Fungsi
1
Position
untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
2
Wrap text
untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
3
Bring Forward digunakan
untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
4
Send Backward digunakan
untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
5
Selection Pane
untuk menampilkan panel navigasi objek
6
Align digunakan
untuk mengatur posisi objek lepas
7
Group digunakan
untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
8
Rotate digunakan
untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
TAB REFERENCES
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3thbzy2RO4WRoDLV4zu7hnjbd0eE5ADMWPs6ILiuNmx7z2MMbQ4JbSHeOFULouCMAPlQ1AvB5SxySkiFd2TqiOjBuDuXLsxjN6oth5K8w4Kvtq5I3H7QojMUeoER7fxpkuysF8LOE6ewa/s1600/references-tab_thumb.jpg
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.

Group Table of Contents

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSAAlp4Vn2QAZMqQEpWsg8HCSB6uWNDghcDXEjsstRcso1XhoSefcmSOOD5XEZQIEOCo90HEtgTUWo2To2DwwKI2oS0i8iFaxdFhs8Mwce61QCzr7vUYJlAooZNjYX9LB74zIK_tRJoHlP/s1600/reference-table-of-contens_thumb.jpg

Table of Contens : digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
Add Text : digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
Update Table : digunakan untuk memperbarui daftar isi.

Group Footnotes

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5YXhw0CkL7vOThZsYYjGfrpTgMzix4TfINfyew4fMfYNDnTUtnybh5M4Cmmd7TnbdYLKxdj-1DgBbnrnRidPFzgL5ZFelY_X9zNu06oCxO5Hh2wGHPL31hSaZS333U3YonysHHLIK0lvd/s1600/reference-footnotes_thumb.jpg

Insert Footnote : digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
Insert Endnote : digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
Next Footnote : berfungsi untuk memantau footnote dan endnote.
Show Notes : digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.
Citations & Bibliography

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwZ7xX3Er3HUqxQOw_ZSPxIEb01luI7p0ssDJI9Uvqzb3lUy-14HvZXkOO5MmwY10t_ylxmOpsgUekpOYvE_CQAAHX7Yv8vpMnNhomYusLT9VZ3-cVE-mbjCf95TDV5utFNUbF2-dD0YEt/s1600/reference-citation-bibliography_thumb.jpg

Insert Citation : digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
Manage Sources : digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
Style : berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
Bibliography : digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.

Group Captions

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPu3c6WCD2iTH6S06XkW9xhQ8K4uATVeJgMcyuqQcGkfr6pTSN9bw8nbbzXY6eYd_HtDTlzdOmQkiwdwH8A0bnS2JYHwAGPt8_4F7hENB62DrEps45XHwHSoFka0tp1kGFTuvYkqZDBsbZ/s1600/reference-caption_thumb.jpg

Insert Caption : digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
Insert Table of Figures : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
Update Table : digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
Cross-reference : berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.

Group Index

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNpbiAA3Ehp1sCiE0FgkaFxfpG0wzOgtY743L4niaAS2Ve4CcclqogfLY_ybqrFkVLs9Ca2w8WhEoado3mRKM6N59d8eCoic4G19BPoPhxTuwxpaEMDWPp_BLEU46VDwpOwkPgN5zFXxMI/s1600/reference-index_thumb.jpg

Mark Entry : digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
Insert index : digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
Update Index : digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.


TAB MAILLINGS
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop

Tab ini terdiri dari sub-sub menu berikut.
Create
Submenu Create terdiri dari ikon-ikon Envelopes dan labels.
Start mail Merge
Submenu Start mail Merge terdiri dari ikon-ikon star mail merge, Select Recipients, dan Edit Recipients List
Write & Insert Fields
Submeni Write & Insert Fields terdiri dari ikon-ikon Highlight Merge Fields, Adress Block, Greeting Line, Insert Merge Field, Rules, Match Fields dan Updet labels.
Preview Result
Submenu Preview Result terdiri dari ikon-ikon View Merged data, First Record, Previous Record, Go to Record, Next Record, Last record, Find recipients dan Auto Check for Errors.
Finish
Sub menu Finish terdiri dari ikon Finish & Merge.





MENU REVIEW


A.      PROOFING :
  SPELLING & GRAMMAR :Mengecek ketepatan ejaan teks
  RESEARCH :Menampilkan kotak dialog kamus/reverensi
  THESAURUS :Menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih  
  TRANSLATE :Menerjemahkan teks
  TRANSLATION SCREENTIP : Untuk mengartikan screentip yang diterjemahkan
  SET  LANGUAGE : Mengatur bahasa yang digunakan untuk memeriksa ejaan dan grammar pada teks yang dipilih 
 WORD COUNT : Untuk mengetahui jumlah kota dan karakter paragraph dalam document
B.      COMMENTS :
  NEW COMMENT :Menambahkan komentar pada cell
  DELETE :Menghapus komentar pada cell
  PREVIOUS :Melihat komentar sebelumnya
  NEXT : Melihat komentar selanjutnya
C.      TRACKING:
  TRACK CHANGES : Untuk melacak semua perubahan yang dibuat dalam document
  BALLOONS : Memilih cara untuk menunjukkan revisi document tersebut
  FINAL  SHOWING  MARKUP : Untuk mengatur tampilan pada document
  SHOW MARKUP : Untuk menunjukkan macam-macam revisi untuk ditampilkan kedocument
  REVEWING PAGE : Untuk menampilkan revisi ditampilan depan document
D.      CHANGES :
  ACCEPT : Untuk mnerima prubahan trmaksud mmindahkan perubahan  proposal baru
  REJECT : Untuk menolak perubahan trmaksud  mmindahkan perubahan proposal baru
  PREVIOUS : Untuk mengarahkan kerevisi sebelumnya didalam document
  NEXT : Untuk mengarahkan kerevisi selanjutnya didalam document
E.       COMPARE :
  COMPARE : Membandingkan/menggabungkan beberapa versi document
  SHOW SOURCE DOCUMENTS : Menunjukkan sumber document untuk ditampilkan
F.       PROTECT :
  PROTECT DOCUMENT: membantu orang bagaimana dapat mengakses dalam sebuah document
MENU VIEW


A.      DOCUMENT VIEWS :
  PRINT LAYOUT :                menampilkan document dalam layout
  FULL SCREEN READING :menampilkan satu document penuh
  WEB LAYOUT : menampilkan document layout web
  OUTLINE :   menampilkan struktur document
  DRAFT :                                          memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
B.      SHOW /  HIDE :
  RULER :Memunculkan mistar dokumen.
  GRIDLINES untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
  MESSAGE BAR : menampilkan olah pesan
  DOCUMENT MAP Memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri.
  THUMBNAILS :  Untuk menampilkan bar THUMBNAILS
C.      ZOOM :
  ZOOM : menambah ukuran penampilan document word
  100% :Untuk memperbesar document ke 100% dari ukuran normal
  ONE PAG : Untuk menampilkan satu halaman
  TWO PAGES :          Untuk menampilkan dua halaman
  PAGE WIDTH :Memperbesar document sehingga lebar yang berasal dari halaman
D.      WINDOW:
  NEW WINDOW :menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
  ARRANGE ALL : Mengatur jendela dari dokumen
  SPLIT : Membagi dokumen menjadi beberapa bagian
  VIEW SIDE BY SIDE : Untuk menampilkan dua document dari sisi kesisi sehingga kita dapat membandingkan isi document tersebut
  SYNCHRONOUS  SCROLLING : Menjadikan naskah dari 2 document menjadi 1 naskah
  RESET WINDOW POSITION :Mereset posisi jendela dari document dan membandingkan sisi kesisi  sehingga kita dapat membagi layar yang sama
  SWITCH WINDOWS :Menglihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela
E.       MACROS:
  MACROS : Untuk merekam sebuah makro atau menerima pengaturan makro lainnya

FUNGSI MENU  DAN  IKON 
MICROSOFT WORD 2007


 










Disusun oleh :
Nama            : Nurul Afiyat
Kelas            : VIIIG
No. Absen    : 19



SMP NEGERI 1 SUKODONO
Tahun ajaran 2016/2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar