Pages

SL

Sabtu, 24 November 2018

LAPORAN KUNJUNGAN BELAJAR Ke PANTAI BANDENGAN dan MUSIUM KARTINI


LAPORAN KUNJUNGAN BELAJAR
Ke PANTAI BANDENGAN dan MUSIUM KARTINI








Disusun Oleh:





DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KABUPATEN SRAGEN
SMA NEGERI 1 SUKODONO
2016/2017


PENGESAHAN

Laporan kunjungan belajar dengan tujuan PANTAI BANDENGAN dan MUSIUM KARTINI, yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Sukodono tahun ajaran 2016/2017, yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 04 Maret 2017 telah dikonsultasikan dengan pembimbing I dan II.
Yang disusun oleh Herlina .L telah selesai dikonsultasikan dan siap disahkan.

Disahkan pada :
Hari                   :
Tanggal             :
Tempat              : SMA N 1 SUKODONO
                             

Mengesahkan,

                     Pembimbing I,                                          Pembimbing II,



              










KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat-Nya sehingga dapat menyelesaikan laporan perjalanan Kunjungan Belajar ke Jepara yang diberikan sekolah sebagai kelengkapan tugas dengan tepat waktu.
           Kami ucapkan terima kasih kepada:
1.        Bapak Drs.Agus Suhono, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sukodono.
2.        Guru pembimbing I, Bp.Iwan Setyawan, S.Pd.
3.        Guru pembimbing II, Bu. Rastri Nurhayati, S.Pd.
Pembuatan laporan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan Study Tour, hingga terwujudnya laporan ini tidak terlepas dari fasiltas, dukungan, dan bantuan berbagai pihak, untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada selurruh panitia pelaksana.
Laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan penulisan laporan di masa yang akan datang. Semoga laporan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa.


                                                                          Sukodono, 04 Maret 2017
                                                                                      Penyusun,
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..................................................................................      i
PENGESAHAN .........................................................................................      ii
KATA PENGANTAR ...............................................................................      iii
DAFTAR ISI ..............................................................................................      iv

BAB I      PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang ....................................................................      1
B.       Tujuan Kunjugan .................................................................      1
C.       Manfaat Kunjungan Belajar ................................................      2

BAB II    LAPORAN KUNJUNGAN BELAJAR
A.       Pantai Bandengan ...............................................................      3
1.        Asal usul Pantai Bandengan .........................................      3
2.        Diskripsi tempat ...........................................................      3
3.        Keindahan alam ............................................................      3
B.       Musium Kartini ...................................................................      4
1.        Asal usul Museum Kartini.............................................      4
2.        Deskripsi dan Fasilitas...................................................      5
3.        Transportasi ..................................................................      6

BAB III   PENUTUP
A.       Kesimpulan ..........................................................................      7
B.       Kritik dan Saran ..................................................................      7








BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Di era globalisasi ini pendidikan merupakan jendela dunia, sebagai wacana utama bagi kalangan kaum terpelajar kecerdasan emosional mengisyaratkan keseimbangan antara dunia konseptual dengan dunia konsektual. Hal ini menentukan setiap pelajar untuk berperan aktif di dalam mencari sumber ilmu dan pengalaman yang baru terutama menganai dunia pendidikan.
Pendidikan tidak hanya  berorientasi kepada penyajian materi ataupun teori yang disampaikan oleh bapak/ibu guru saat di kelas saja, tetapi lebih dari itu kemampuan untuk berorientasi pada kegiatan Kunjungan Belajarsangatlah menunjang terutama kecakapan pelajar dalam membangun potensi diri dan pengembangan kualitas pendidikan.
Kegiatan Kunjungan Belajardi samping sebagai sarana refreshing namun juga sebagai wujud pendidikan luar kelas (out door) dengan melalui prakter dan melihat secara langsung obyek-obyek keilmuan yang baru.
SMA Negeri 1 Sukodono memang merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang memiliki corak dan karakteristik tersendiri hal ini tidak lepas dari factor histories serta visi dan misi yang dimiliki. Untuk merealisasikan itu semua SMA Negeri 1  Sukodono mengadakan kegiatan tersebut untuk seluruh kelas XI agar dapat dijadikan tolak ukur ke depan agar SMA Negeri 1 Sukodono menjadi lembaga yang lebih baik.

B.      Tujuan Kunjungan Belajar
Tujuan Umum Kunjungan belajar adalah:
4.        Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.
5.        Sebagai latihan untuk memperlancar sastra dan bahasa.
6.        Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan.
7.        Menanamkan rasa Cinta Tanah Air.
8.        Mengenal kebudayaan Nusantara.
9.        Untuk berlatih menyusun Karya Tulis.
  
C.      Manfaat Kunjungan Belajar
Manfaat adanya dari kunjungan belajar ke Jepara sebagai berikut;
1.        Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nilai-nilai Religius, Sejarah, Tekhnologi, Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi.
2.        Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
3.        Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
4.        Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung.
5.        Membangun keakraban antar siswa dan guru.


BAB II
LAPORAN KUNJUNGAN BELAJAR

A.            PANTAI BANDENGAN
1.       Sejarah
Dalam legenda disebutkan bahwa karena terdorong rasa prihatin akan perilaku anaknya yang nakal/bandel, maka Sunan Muria memerintahkan puteranya yaitu Amir Hasan pergi ke utara menuju sebuah pulau yang nampak kremun-kremun dari puncak Gunung Muria. Kepergian ini dengan tujuan untuk memperdalam sekaligus mengembangkan ilmu agama. Kelak pulau yang dituju itu dinamakan Pulau Karimunjawa. Dalam perjalanan itu sampailah Amir Hasan di pantai yang banyak terdapat paya-paya dan ikan bandeng. Sampai sekarang tempat ini dinamakan Desa Bandengan dan pantai yang terletak di desa itu disebut pula Pantai Bandengan.
2.       Diskripsi Pantai Bandengan
Pantai Bandengan Jepara merupakan sebuah pantai yang terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah. Nama lain dari Pantai Bandengan ini adalah Tirto Samudra juga sering disebut dengan nama Pantai Kleim Scheveningen. Pantai ini memiliki pasir cantik yang berwarna putih beserta ombak yang cenderung tenang sehingga membuat pantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berdsantai bersama sahabat,keluarga,maupun pasangan.
3.       Keindaha Pantai Bandengan
Keindahan dari Pantai yang berada di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah ini tidak patut diragukan lagi. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air yang jernih sehingga Pantai ini memiliki salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan terutama pada musim liburan. Pantai ini sangat cocok dijadikan salah satu destinasi liburan beersama keluarga,sahabat,maupun pasangan.
Pantai Bandengan ini pada awalnya hanya dikelola oleh masyarakat setempat dan pada Tahuh 1987 pengelolaan Pantai Bandengan dimulai dikelola oleh pemerintah yang tetap mengutamakan pemberdayaan warga sekitar Pantai. Pantai Bandengan sangat cocok dijadikan salah satu pilihan wisata Pantai yang indah. Di Pantai ini para wisatawan dapat melalkukan berbagai kegiatan seperti brenang,bermain voli,bersepeda dan lain lan.
Selain pasir putih yang luas,air laut di Panati Bandengan ini sangat jernih sehingga para wisatawan dapa melihat ikan ikan yang berenang di dasar laut. Disekitaran pantai ini juga terdapat pepohonan yang rimbun sehingga membuat suasana di sekitar pantai menjadi lebih sejuk. Di Pantai Bandengan ini juga disediakan berbagai macamm wahana permainan air seperti jetsky,banan boat,dan lain sebagainya. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang memiliki keindahan  yang tak kalah bagusnya dengan  pantai-pantai yang terdapat di pulau Bali. Di Pantai Bandengan ini telah tersedia juga beberapa hotel di sekitar pantai untuk para wisatawan yang ingin menginap dan ingin lebih lama menikmati keindahan serta melihat paranama matahari terbit di Pantai Bandengan Jepara.

B.            MUSEUM KARTINI
1.        Asal Usul Museum Kartini
museum kartini culturenesiacom
Di museum ini, kamu dapat menjumpai benda-benda peninggalan Raden Ayu Kartini dan kakaknya, Raden Mas Panji Sostrokartono, serta benda-benda kuno lainnya yang ditemukan di wilayah Kabupaten Jepara. Museum ini berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi dan terdiri dari 3 gedung yakni gedung K, T, dan N. Penyajian ruang koleksi pun dibagi menjadi empat ruang.
Di ruang pertama, yang merupakan badan gedung K, kamu dapat melihat koleksi peninggalan R.A Kartini berupa benda-benda serta foto semasa hidupnya.
Beralih ke ruang kedua, kamu akan disuguhkan barang-barang peninggalan kakak R.A Kartini yakni R.M.S Sostrokartono. Beliau adalah pemberi inspirasi R.A KArtini untuk menjadi tokoh emansipasi wanita. R.M Panji Satrokartono juga dikenal sebagai Dr. Air Putih oleh Belanda, karena ia bisa mengobati penyakit hanya dengan media air putih. Selain itu, Kartono juga seorang wartawan pertama di Indonesia yang bisa memotret gunung dari atas udara.
Di ruang ketiga, kamu dapat menemukan benda-benda bersejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara. Di sini, C’Gengs juga dapat mengintip hasil kerajinan Jepara yang terkenal seperti tenun ikan troso, anyaman bambu dan rotan.
Di ruang terakhir yang merupakan gedung T,  kamu dapat menjumpai tulang ikan raksasa dengan panjang kurang lebih 16 meter bernama Ikan Joko Tuo. Jenis ikan ini adalah Paus Gajah, yakni ikan paus yang mempunyai belalai seperti gajah yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa.
Menelisik ke belakang, sejarah museum ini dimulai ketika pada tahun 1975 Pemerintah Daerah Tingkat II Jepara atas usulan wakil rakyat dan bantuan dari Presiden Soeharto mendirikan museum untuk mengenang jasa-jasa R.A Kartini. Bertepatan dengan seabad lahirnya R.A Kartini, maka akhirnya Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jepara, Soedikto, S.H meresmikan museum Kartini pada tanggal 21 April 1977.
2.        Diskripsi Tempat dan Fasilitas
Untuk menuju ke museum ini, kamu dapat mendatangi Museum R.A Kartini yang beralamat di Alun-alun No.1, Jepara, Jawa Tengah.
Museum R.A Kartini buka setiap harinya pukul 8 pagi sampai jam 5 sore. Khusus untuk hari Minggu, museum ini baru buka pukul 9 pagi.
-             Area Parkir kendaraan
-            Mushola
-            Kamar mandi / MCK
-            Penginapan
-            dan masih banyak lainya
3.        Transportasi
Bagi wisatawan asal kota jepara sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Museum Kartini di Panggang Jepara Jateng. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota jepara saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.
Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Museum Kartini di Panggang Jepara Jateng dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke  Wisata Museum Kartini di Panggang Jepara Jateng di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.
Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Wisata Museum Kartini di Panggang Jepara Jateng tersebut.




BAB III
PENUTUP

A.           Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan dan uraian yang telah kami kemukakan di depan, maka jepara adalah sebuah tempat wisata yang menarik. Daerah jepara yang terletak di bagian utara Pulau Jawa Bagian tengah dan berbatasa dengan Laut utara Jawa.

B.            Kritik dan Saran
1.        Untuk Pemerintah kota Jepara
Pemerintah kota / Pemkab jepara seharusnya lebih meningkatkan kebersihan lingkungan disekitar tempat – tempat wisata yang ada di Jepara, dan menambahkan beberapa kamar mandi disetiap objek wisata, untuk memudahkan pengunjung terutama saat keadaan darurat.

2.        Untuk Pihak sekolah
Sebaiknya kegiatan Kunjungan Belajarwisata pada tahun berikutnya , waktu yang diberikan lebih lama dari tahun ini, agar para peserta Kunjungan Belajardapat melakukan observasi secara maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar