Pages

SL

Sabtu, 24 November 2018

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRIDI ARTHA COMP SRAGEN


LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI ARTHA COMP SRAGEN





Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat ketuntasan belajar pada jenjang SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan


Disusun oleh :





SMK NEGERI 1 MONDOKAN
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PENGESAHAN

Laporan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Mondokan di ARTHA COMP.

Nama siswa       :
NIS/NISN         : 03680 / 0004018572



                                                                              Sragen, 24 November 2017
                     Ketua Program                                        Guru Pembimbng


                  ( Sunarto, S.Kom )                                    ( Sunarto, S.Kom )
                   NIP.                                                          NIP.






















KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan dan kesejahteraan serta rahmat dan nikmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Shalawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Laporan ini merupakan salah satu syarat ketuntasan belajar di SMK Negeri 1 Mondokan.
Saya menyadari bahwa laporan ini tidak dapat tersusun dengan baik dan benar, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.    Bapak Sutikno, S.Pd., M.Pd, selaku Kepala SMK Negeri 1 Mondokan.
2.    Bapak Sunarto, S.Kom,  selaku Ketua program keahlian Teknologi Komunikasi Jaringan dan juga sebagai guru pembimbng prakerin siswa SMK Negeri 1 Mondokan di Artha Comp.
4.    Bapak Ariya Juni Arta selaku pemimpin perusahaan ARTHA COMP.
5.    Ibu Dra. Isnanik selaku wali kelas.
6.    teman-teman dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, yang telah ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Semoga Laporan ini dapat bermanfaat, terutama pada diri penulis dan penulis juga sangat mengharapkan adanya saran-saran demi perbaikan Laporan-laporan yang akan datang.


                                                                                     Mondokan,   November 2017
                                                                                     Penyusun,







DAFTAR ISI

JUDUL...............................................................................................................      i
PENGESAHAN.................................................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................      iii
DAFATR ISI......................................................................................................      iv
BAB I      PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang Prakerin..............................................................      1
1.2     Dasar Penulis...............................................................................      1
1.3     Maksud dan Tujuan.....................................................................      2
1.4     Waktu dan Lokasi Perusahaan ...................................................      2
BAB II    LAPORAN KEGIATAN
2.1. Pelaksanaan Kegiatan Prakerin...................................................      3
...... 1. Penjualan.................................................................................      3
...... 2. Service Laptop dan PC...........................................................      5
2.2. Hasil Kegiatan.............................................................................      9
2.3. Contoh Pekerjaan yang dilakukan...............................................      9
BAB III   PENUTUP
3.1. Kesimpulan..................................................................................      10
3.2. Saran............................................................................................      10
LAMPIRAN FOTO TEMPAT PRAKERIN
DAFTAR PUSTAKA










BAB I
PENDULUAN

1.1    Latar Belakang Prakerin
Praktek Kerja Industri adalah salah satu kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan, kedisiplinan, bertanggung jawab, jujur dan teknologi yang diperoleh disekolah menengah kejuruan (SMK) dengan keadaan diluar atau lapangan.
Tujuan Praktek Kerja Industri merupakan tujuan Pembangunan dalam jangka panjang di Indonesia guna terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, terampil, mandiri, kreatif, inovatif dan berjiwa swasta. Untuk itu perlu diadakannya pendidikan dan penerapan ilmu dunia pendidikan dan dunia industri melalui program Prakerin.
Program SMK Dharma Bahari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Kota Surabaya bertujuan menghasilkan tenaga kerja yang terampil di era industri pada masa yang akan datang, agar dapat menghasilkan lulusan terampil dan dapat melaksanakan tugas dalam bidangnya terutama teknologi industri.

1.2    Dasar Penulis
Dasar penulisan laporan berdasarkan apa yang di dapat di dunia industri, sehingga laporan yang di tulis ini benar-benar berdasarkan apa yang di dapatkan di dunia industri.
Dasar penulisan dari pelaksanaan kerja praktik ini antara lain adalah sebagai berikut :
1.    Pentingnya pemahaman dan pengalaman dalam dunia nyata tentang penerapan disiplin ilmu yang telah dipelajari di tempat prakerin.
2.    Pelaksanaan kerja praktik merupakan persyaratan kelulusan siswa-siswi SMK Negeri 1 Mondokan.
3.    Pentingnya bersosialisasi dalam kehidupan masyarakat, kerja praktik merupakan salah satu cara belajar bersosialisasi dalam lingkungan industri.

1.3    Maksud dan Tujuan
1.         Maksud
Prakerin adalah suatu bentuk penyelenggaraan penddidkan keahlian  kejuruan, yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu.
Dalam pengertian tersebut tersirat, bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja / industri/ perusahaan atau (instansi) tertentu yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai pada tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat, serta pemasarannya.

2.    Tujuan
Memberikan pengalaman kerja kepada siswa/siswi SMK Negeri 1 Mondokan dalam rangka menerapkan atau membandingkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanaya di sekolah dengan situasi yang nyata di tempat Prakerin

1.4    Waktu dan Lokasi Perusahaan
Waktu pelaksanaan prakerin di Artha Comp, yaitu pada tanggal 28 Agustus 2017 s/d 24 November 2017. Lokasi tempat prakerin yaitu di Jl. Urip Sumoharjo 20, Kutorejo, Sragen Tengah, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57211.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN

2.1  Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
1.    Penjualan
Penjualan Laptop
Foto Artha Comp. Foto Artha Comp.
Perkembangan dunia teknologi semakin mengharuskan kita untuk bekerja menggunakan perangkat digital yang dapat menambah produktivitas pekerjaan. Tentunya tak hanya komputer, laptop pun seakan menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi. Kebutuhan akan Laptop seakan menjadi sebuah kebutuhan primer bagi para pekerja kantoran dan mahasiswa. Di divisi penjualan harus mempunyai komunikasi yang baik dengan konsumen, dan itu manjdi hal yang penting. Dalam divisi ini kita belajar sebaik mungkin berkomunikasi dengan para pelanggan dengan baik sopan dan ramah.
Penjualan Printer
Related image
Salah satu perangkat output yang sangat membantu dalam proses penggunaan komputer terutama dalam hal pekerjaan adalah “printer”. Tentunya kita semua sudah sering atau sudah tahu seperti apa bentuk dari printer ini. Yang mana perangkat yang satu ini sangat berguna untuk mencetak hasil kerja yang biasanya berupa dokumen maupun gambar.
Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.
Dalam penjualan printer kita harus bisa menyiapkan dengan memasang catrige dan mengisi tinta bila diperlukan.

Penjualan CPU
Image result for penjualan CPU
Pengertian CPU dapat kita ketahui secara ringkas dari kepanjangan CPU itu sendiri. CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit atau Pengolah pusat. Secara awam kita sering menyebutnya sebagai processor, karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer. CPU dapat diibaratkan sebagai sebuah otak dari computer itu sendiri. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah computer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.
Dalam penjualan PC/CPU kita juga harus bisa mengenal berbagai sparepart yang mendukung di dalam PC/CPU tersebut. Kita sebisa munkin menyiapkan PC/CPU dengan menginstal windows dan program/software yang diminta oleh pelanggan.

2.    Service Laptop dan PC
a.    Laptop mati total
Ketika ada seseorang yang datang pada anda dan mengatakan bahwa laptopnya mati, itu sebenarnya masih ada setidaknya 4 kemungkinan keadaan yang mungkin terjadi pada laptopnya. Seperti ini:
Laptop mati total, ketika tombol power ditekan:
1.      tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala, tidak ada suara kipas berputar, suhunya relatif dingin
2.      tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala, tidak ada suara kipas berputar, suhunya relatif hangat
3.      ada lampu indikator yang menyala, kipas berputar, lampu indikator berkedip tidak normal, lampu layar (kalau ada) menyala, tapi tidak ada flicker
4.      semua indikator berjalan baik, kipas menyala, layar seperti menyala tapi tidak ada tampilan apapun, proses booting sepertinya berjalan normal
Semua keadaan di atas, kondisi layar laptop tidak menampilkan apapun, hanya blank hitam.
Untuk keadaan seperti nomor 1
·       lepas baterainya, jika mungkin coba di laptop yang lain
·       jika ada baterai lain, cobakan pada laptop mati tersebut
·       coba nyalakan laptop tanpa baterai terpasang, berarti langsung memakai adapter ke jaringan listrik
·       sebelumnya, periksa tegangan output power adapternya, biasanya sekitar 19 volt. Atau sesuaikan dengan yang tertera di body-nya.


Jika tidak berhasil:
·       buka casing laptop sampai anda bisa menjangkau power adapter pada motherboard. Dengan adaptor tercolok jaringan listrik, ukurlah voltase pada motherboard. Jika ukuran menunjukkan 0 VDC, maka gantilah konektornya (Biasanya ini membutuhkan penyolderan, jika anda belum terbiasa atau ini pertama kalinya dan tanpa bimbingan, maka sebaiknya jangan dilakukan sendiri. Jika sampai ada penghubung di motherboard yang terbakar, maka sangat sulit dibenahi, lebih mudah mengganti motherboardnya)
·       jika anda mendapat tegangan antara 0 – 19 VDC, maka kemungkinan ada sesuatu yang membebani tegangan tersebut. Coba dengan mengukur power adapter kedua. Jika hasilnya tidak penuh 19 VDC, sekarang lepaskan semua yang terhubung dengan motherboard (RAM – kipas – hard disk – DVD/CD – tambahan wireless – kabel RAM video). Jika tetap saja, berarti mottherboard ada rusak. Ganti motherboardnya. Jika anda mendapat tegangan penuh, sekarang coba hubungkan satu-persatu perangkat yang tadi dilepas sampai anda menemukan perangkat yang menimbulkan masalah.
·       Biasanya masalahnya selesai.

b.    Laptop menyala tapi layar blank
Laptop Hidup Tidak Ada Tampilan atau laptop menyala, lampu LED pada laptop nyala, pendinginan kipas bekerja tapi tidak ada yang muncul di layar. Layar benar-benar hitam dan kosong. Tidak ada gambar di layar sama sekali, bahkan gambar sangat redup juga tidak ada.

Kemungkinan kerusakan Laptop hidup tidak ada tampilan :

1.      Memory utama rusak
2.      VGA rusak
3.      Monitor rusak
4.      Motherboard rusak
5.      Kemungkinan rusak Inverter
Laptop Hidup Tidak Ada Tampilan, dan Solusinya;
·         Masalah Laptop hidup tidak ada tampilan dapat dikaitkan dengan kegagalan memori. Mungkin dari modul memori gagal dan laptop tidak menyala karena itu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.
·         Jika reseating / mengganti modul memori tetapi tetap Laptop hidup
tidak ada tampilan, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll … Dengan kata lain, bongkar laptop dan hanya terpasang peralatan minimal dan uji lagi. Jika
laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.
·         Jika anda sangat yakin power supply dan atau battery laptop bekerja dengan baik dan teryata Laptop hidup
tidak ada tampilan apapun dilayar monitor, perhatikan adakah bunyi tertentu saat
komputer dihidupkan seperti bunyi bip dengan panjang dan jarak tertentu. Jika tidak ada maka kemungkinan kerusakan ada pada rangkaian mainboard, mikroprosesor, atau ROM BIOS.
·         Jika ada bunyi yang agak panjang berulang-ulang pada jarak tertentu, maka ada 2 kemungkinan kerusakan VGA card atau memory RAM.
·         Dalam Laptop hidup tidak ada tampilan jika bunyi bip tadi tidak panjang tetapi berulang-ulang maka kemungkinan besar kerusakan adalah VGA atau display adapter
·         Jika bip yang terdengar adalah panjang dan terus-menerus, maka kerusakannya ada pada SIMM RAM.  Oleh sebab itu bisa mencoba menukarkannya dengan SIMM RAM yang lain.
·         Saat POST-ing ada tampilan tetapi saat akan memasuki jendela System Operasi tampilan hilang. Periksa CPU Speed pada Advance Menu dalam Setup BIOS apakah sesuai atau tidak. Pengaturan CPU Speed yang tidak sesuai/melebihi nilai nominalnya, menyebakan masalah ini timbul. Perbaiki jika ada perubahan.
·         Jika langkah di atas masih tetap Laptop hidup
tidak ada tampilan, maka kemungkinan CPU laptop rusak.
·         Kasus di atas dapat juga disebabkan oleh Kerusakan pada Hard Disk terutama kerusakan regulator Hard disk. Jika ini terjadi maka yang menyala hanya hanya LED indikator power, sedangkan pada layar tidak akan ada tampilan sama sekali.
·         Dalam kasus tertentu kerusakan regulator CD ROM juga dapat menyebabkan hal ini juga terjadi.
·         Untuk melakukan uji coba yang lain, lepaskan Harddisk, CD ROM dan tes laptop kembali.
·         Kemungkinan lain yang menyebabkan Laptop hidup
tidak ada tampilan ada pada Monitor (akan dibahas pada bagian lain).

c.    Laptop menyala dan lalu mati lagi
Laptop menyala tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar. Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total. Berikut ini langkah dan Cara Memperbaiki Laptop Nyala kemudian Mati lagi :
Kemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :
1).   Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard. Anda dapat mencoba reseating / mengganti memori seperti yang saya jelaskan di masalah
2).   Jika tidak membantu, berarti kerusakan motherboard. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, lebih baik membeli laptop baru.
2.2  Hasil Kegiatan
Dari semua kegiatan yang dilakukan, kami akhirnya dapat menyelesaikan laporan ini. Selain itu kami pun menjadi mengerti tentang cara kegiatan dalam  melaksanakan tugas dalam dunia informasi dan teknologi.
Adapun hasil-hasil kegiatan tersebut antara lain :
1)    Penulis lebih tahu tentang bagaimana cara memperbaiki PC.
2)    Penulis lebih mengetahui cara Scan dengan AV yang baik dan benar.
3)    Penulis lebih memahami lingkungan Bisnis atau usaha Artha Comp.
4)    Penulis lebih tahu dan lebih dapat memamhami dan beradaptasi dengan pegawai-pegawai di dunia industri.

2.3  Contoh Pekerjaan yang dilaksanakan
}  Melihat dan membantu dalam perbaikan laptop dan PC.
}  Melihat dan membantu dalam pengaturan BIOS.
}  Melihat dan membantu dalam intalasi windowa XP, 7, 8, dan 10.
}  Melihat dan membantu dalam perakitan komputer.
}  Melihat dan membantu dalam bongkar pasang Laptop.
}  Marketing online dan offline.
}  Melihat dan membantu dalam Mencatat Keluhan User/Problem Record, Mencatat keluhan yang disampaikan User Perusahan di Buku Problem Record (Buku yang berisi semua keluhan/kerusakan yang ada pada PC).
}  Memasang Indentitas PC, Memasang Indentitas untuk PC baru Contoh: WS (Work Station),Tanggal kapan PC diterima User.
}  Antar jemput barang.
}  Bersih-bersih ruangan.
}  Pergi ke relasi-relasi, service center, dll.
}  Membantu dalam pembuatan brosur iklan, desain untuk keperluan marketing/pemasaran, dll.
}  Membantu dalam pembuatan stiker, cetak foto, spanduk.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan. Dengan adanya Prakerin penulis dapat merasakan bgaimana pelaksanaan praktik langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing oleh pihak industri.

3.2 Saran
Dalam pelaksanaan Prakerin ini penulis mengambil pengalaman hikmah dan manfaatnya bagi diri penulis sendiri. Penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi kita semuanya dan juga yang membacanya. Adapun saran-saran yang dapat penulis kemukakan diantaranya sebagai berikut :
1.    Disiplin kerja, keterampilan, kejujuran, ketelitian,dan tanggung jawab harus ditingkatkan atau diperhatikan oleh setiap karyawan ARTHA COMPUTER.
2.    Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan.
Demikian saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing dalam pelaksanaan Prakerin, khususnya kepada pembimbing Industri, semoga kebaikan Bapak/Ibu mendapatkan imbalan dari Allah swt. Amin.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar