LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT.RAJAWALI CITRA TELETIVI
INDONESIA (RCTI)
Jl. Raya Pejuangan,Kebon
Jeruk,Jakarta
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN SRAGEN
SMK
NEGERI 1 GESI
JL.
Raya Sukodono – Gesi KM.2
TAHUN
PELAJARAN 2017 / 2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayat-nya sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas membuat laporan kegiatan Kunjungan Industri yang akan dilaksanakan di
PT.RAJAWALI CITRA TELETIVI INDONESIA.
Dalam
menunjang semangat belajar siswa kami susun laporan kegiatan Kunjungan Industri sebagai tugas. Dalam
penyajian ini dirancang sedemikian rupa agar peserta didik tidak berfokus hanya
mempelajari dari satu sumber saja,tetapi didorong untuk melaksanakan eksplorasi
terhadap sumber lain yang berkaitan. Melalui kunjungan industri ini peserta
didik untuk mampu berfikir cepat dalam mengambil keputusan, memecahkan masalah,
kerjasama komunikatif dapat terbentuk apa dari siswa didik.
Kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak kepala sekolah SMK Negeri 1 Gesi.
2.
Bapak Radhies Yudha A. selaku pembimbing Kunjungan
Industri SMK N 1 GESI.
3.
Bapak ibu guru serta karyawan SMK Negeri 1 Gesi.
4.
Bapak ibu tercinta yang telah memberikan semangat dan
motivasi.
5.
Teman – teman yang telah memberikan bantuan selama
penyusunan laporan ini.
Demikianlah kami ucapkan banyak terima kasih
kepada bapak / ibu guru dan sumber lainnya yang telah memberikan perhatian
untuk kesempurnaan Kunjungan Industri ini.Semoga laporan ini berguna bagi
peserta didik khususnya dan kemajuan pendidik ditanah air pada umumnya.
Gesi, Agustus 2017
Penyusun
PENGESAHAN
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PADA PT. RAJAWALI CITRA TELETIVI INDONESIA (RCTI)
TANGGAL 18 – 20 JULI 2017
Waka
Humas Guru Pembimbing
Mengetahui
Kepala
SMK Negeri 1 Gesi
MOTTO
1.
Jika kau mempunyai mimpi kejarlah mimpimu setinggi
langit dan jangan kau patahkan semangatmu sebelum kau menggapai mimpimu
tersebut.
2.
Berjuanglah untuk cita – citamu dan menggapai
keinginan untuk masa depan yang lebih baik.
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ...................................................................................................... iii
MOTTO.............................................................................................................................. iv
DAFTAR ISI...................................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Kunjungan Industri........................................................................ 1
B.
Tujuan Kunjungan Industri..................................................................................... 1
C.
Manfaat Kunjungan Industri................................................................................... 2
D.
Waktu Kunjungan Industri .................................................................................... 2
BAB II. GAMBARAN UMUM
A.
Sejarah Perusahaan.................................................................................................. 3
B.
Visi dan Misi Perusahaan........................................................................................ 4
C.
Susunan Organisasi................................................................................................. 4
D.
Logo RCTI............................................................................................................. 8
BAB III. LAPORAN KUNJUNGAN
INDUSTRI
A.
Pelaksanaan Kegiatan............................................................................................. 10
B.
Hasil Kegiatan........................................................................................................ 10
BAB IV. PENUTUP
A.
Kesimpulan.............................................................................................................. 11
B.
Saran........................................................................................................................ 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Kunjungan
Industri
Seiring pesatnya perkembangan teknologi,dunia
pendidikan dituntut untuk lebih menyongsong era globalisasi. Dalam usaha
peningkatan mutu pendidikan tersebut maka Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) hendaknya diserapi dengan keimanan dan ketaqwaan. Ilmu yang didapat dalam
bangku sekolah dirasakan masih sangat kurang sehingga diperlukan sebuah
kunjungan ke perusahaan / industry yang bisa membantu saya dan bisa saya
jadikan perbandingan ketika saya menerima pelajaran disekolah.
Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang
cara kerja,kedisiplinan dan tata tertib kerja. Siswi juga diharapkan tidak menganggap Kunjungan
Industri sebagai rekreasi,melainkan sebagai sarana belajar dengan cara
mendatangi industri secara langsung.
Ilmu
yang di dapat dalam bangku sekolah dirasakan masih sangat kurang sehingga
diperlukan sebuah kunjungan ke perusahaan atau industri yang bisa membantu dan
bisa di jadikan suatu perbandingan saat menerima pelakjaran di sekolah.
Melihat
kenyataan di lapangan inilah yang menyebabkan siswa-siswi SMK Negeri 1 Gesi
mengadakan Kunjungan Industri. Kunjungan Industri ini dipilih untuk
memperkenalkan siswa kedunia kerja yang sesungguhnya. Siswa dituntut untuk
lebih aktif lagi didalam menggali suatu informasi tentang Kunjungan Industri
untuk mendapatkan pengetahuan mengenai ilmu tentang dunia teknologi. Selain itu
siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, dan tata
tertib kerja. Siswa juga diharapkan tidak menganggap Kunjungan Industri sebagai
rekreasi, melainkan sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi Industri
secara langsung.
Untuk
itu, siswa diwajibkan untuk membuat laporan atas informasi yang telah diperoleh
selama Kunjungan Industri di perusahaan yang bersangkutan.
B.
Tujuan Kunjungan Industri
Tujuan
Kunjungan Industri adalah memperkenalkan kepada siswa tentang berbagai kegiatan
dan cara kerja alat-alat yang ada pada dunia jaringan computer. Sehingga siswa
diharapkan dapat memahami,mengkaji serta membandingkan bagaiman ilmu yang
diterima disekolah dan aplikasinya didunia kerja.
C.
Manfaat Kunjungan Industri
1.
Bagi Siswa
a.
Menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman
b.
Terjalin hubungan yang erat antara SMK N 1 GESI dengan
perusahaan / industri sehingga memudahkan akses lulusan untuk mencari pekerjaan
di perusahaan yang bersangkutan.
2.
Bagi Perusahaan / Industri
a.
Usaha / industri diharapkan mendapatkan inovasi
sehingga perusahaan bisa lebih maju
b.
Memudahkan perusahaan / industri untuk mencari tenaga
kerja yang berpendidikan dan berpengalaman.
D.
Waktu Pelaksanaan Kunjungan
Industri
Waktu pelaksanaan Kunjungan Industri pada tanggal 18-20 JULI 2017 di
PT. RAJAWALI CITRA TELETIVI
INDONESIA (RCTI)
BAB
II
GAMBARAN
UMUM
A.
Sejarah Perusahaan
Tanggal 24 Agustus 1989 sebuah catatan penting
digoreskan dalam lembaran sejarah pertelevisian Indonesia,stasiun teletivi
swasta Indonesia,RCTI. Menayangkan berbagai program acara hiburan,informasi dan
berita yang dikemas dengan menarik. RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen
perubahan dan pembaharu dalam dinamika social masyarakat Indonesia.
Saat ini RCTI merupakan stasiun teletivi yang memiliki
jangkauan terluas di Indonesia,melalui 54 stasiun program-program RCTI
disaksikan lebih dari 191 juta pemirsa yang tersebar di 452 kota diseluruh
nusantara,atau kira-kira 80.7% dari jumlah penduduk Indonesia. Kondisi
demografi ini disertai rancangan program-program menarik di ikuti rating yang
bagus,menarik minat pengiklan untuk menayangkan promosi mereka di RCTI.
Seiring berjalan waktu ternyata pemilik decoder RCTI semakin bertambah meliputi wilayah se jabodetabek maka selang 1 tahun pemerintah mengijinkan RCTI untuk bersiaran bebas tepatnya tanggal 24 Agustus 1990. Hamper waktu yang bersamaan di Surabaya juga didirikan “Saudara Kembar” RCTI yaitu SCTV (Surya Citra Teletivi) dibawah perusahaan PT. Bimantara Citra Tbk. Pada tahun 1997 terjadi kekisruhan antara pemilik saham RCTI dan SCTV. Hal ini dikarenakan pemilik saham SCTV merasakan ketidakadilan PT. Bimantara Citra Tbk yang lebih menomor satukan RCTI ketimbang SCTV. Akhirnya antara RCTI dan SCTV berpisah dan menjalankan operasionalnya masing-masing. Sejak tanggal 1 Oktober 2003 RCTI dimiliki oleh MNC (Media Nusantara Citra). Kelompok perusahaan ini juga memiliki Global TV dan TPI yang sekarang berubah menjadi MNC TV. Direktur utama RCTI saat ini dipegang oleh HARI TANOESOEDIBJO yang merupakan Presiden Direktur dn CEO dari Media Nusantara Citra (MNC) dan Global Mediacom. Kini jakTV,teletivi local Jakarta juga digandeng dalam 1 manajemen yaitu grup MNC.
RCTI memiliki hak siar atas ajang sepak bola Euro 2008
bersama Global TV dan TPI. RCTI juga mengudara di timor leste. RCTI memiliki 2
stasiun teletivi yang menjadi teman RCTI yaitu Metro TV dan Global TV. PT.
Bimantara Citra Tbk mendirikan Global TV (PT. Global Informasi Bermutu,Tbk.).
Pada tahun 1999 dan memiliki 70% saham atas Global TV dan juga memodali
berdirinya Metro TV (PT. Media Televisi Indonesia, Tbk.) dan memiliki 25% saham
Metro TV. Namun, pada tahun 2002, PT. Bimantara Citra, Tbk. Berganti manajemen
setelah dibeli PT. Bhakti Invertama, Tbk. Pemilik baru dari PT. Bimantara
Citra, Tbk. Menilai Metro TV memberikan keuntungan berarti dan segmentasinya
tumpang tindih dengan RCTI. Akhirnya Bimantara menjual 25% saham Metro TV dan 1
Juli 2003 Bimantara membeli 75% saham
PT. Cipta TPI,Tbk. Dan langsung menempatkan para direksi baru di TPI dan
pada 1 Oktober 2003 PT. Bimantara Citra, Tbk. Mendirikan induk usaha untuk
RCTI, TPI, dan Global TV yaitu, Media Nusantara Citra (MNC).
B. Visi dan Misi
Perusahaan
·
Visi
Media
Utama Hiburan Dan Informasi, RCTI menyajikan acara-acara yang menarik dan
bermutu sehingga menjadi televisi pilihan terbaik untuk hiburan dan informasi
di Indonesia. Keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial berjalan
seiring.
·
Misi
Bersama Menyediakan
Layanan Prima, RCTI memberi tekanan pada semangat kebersamaan dalam rangka
menumbuh-kembangkan upaya-upaya bersama dimana semua komponen perusahaan, dari
tingkat atas sampai bawah, dirangsang, dikoordinasi serta disistematisasi untuk
berkarya sebaik mungkin dalam memberikan layanan terbaiknya
C. SUSUNAN
ORGANISASI
v DEWAN
DIREKSI
1.
HARI
TANOESOEDIBJO
Group
President & CEO
Warga negara indonesia,lahir di Surabaya tahun 1965.
Beliau telah menjabat sebagai Direktur Utama MNC sejak tanggal 25 Maret 2004.
Saat ini beliau juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Global Mediacom Tbk
(sejak tahun 2002),Pendiri dan Direktur Utama PT MNC Investama Tbk (1989-2002
dan 2009-sekarang),Direktur Utama RCTI (2003-2008 dan 2010-sekarang) dan
Komisaris Utama PT MNC Sky Vision Tbk (sejak tahun 2006). Beliau memegang gelar
Bachelor of Commerce (Honours) dari Carleton University,Kanada (1988) dan
Master of Business Administration dari Ottawa University,Kanada (1989).
2.
KANTI MIRDIATI
IMANSYAH
Direktur
Warga negara indonesia,lahir di Palembang pada tahun
1966. Beliau telah menjabat sebagai Direktur sejak tanggal 29 April 2013. Saat
ini beliau juga menjabat sebagai Director of Sales & Marketing di RCTI.
Beliau memulai karir pada tahun 1990 di RCTI dengan jabatan terakhir sebagai
Sales Group Head. Setelah berkarir selama 10 tahun di RCTI,beliau tetap
meneruskan karirnya di dunia pertelevisian yaitu di Trans TV sebagai Sales
Group Head (2000-2003),RCTI sebagai Head of Acquisition Manager (2002-2003),TV7
(2003-2006) dengan jabatan terakhir sebagai AVP Sales & Marketing,TPI
dengan jabatan terakhir Director of Sales & Marketing (2006-2010)
3.
PRISCILLA DIANA
AIRIN
Direktur
Warga negara indonesia,lahir di Jakarta pada tahun
1973. Beliau telah menjabat sebagai Direktur sejak tanggal 29 April 2014.
Beliau berkarir lebih dari 15 tahun di industri media dengan pengalaman dalam
sales and marketing,serta posisi-posisi eksekutif. Sebelumnya beliau telah
menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Media Nusantara Informasi pada tahun
2013; Presiden Direktur PT. MNC Networks (Radio) tahun 2013; Presiden Direktur
PT. Cross Media International tahun 2013; Managing Direktor PT. Media Nusantara
Informasi tahun 2012. Dll
4.
FAISAL DHARMA
SETIAWAN
Direktur
Warga negara indonesia,lahir di Bogor pada tahun
1966,beliau telah menjabat sebagai Direktur sejak tanggal 30 Oktober 2014.
Faisal meraih gelar Master of Management dalam International Business dari
sekolah Manajemen Paska Sarjana Prasetya Mulya pada tahun 2003. Beliau juga
memperoleh gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Katolik Parahyangan pada
tahun 1990.
5.
ELLA KARTIKA
Direktur
Warga negara indonesia,lahir di Palembang tahun
1969,beliau ditetapkan untuk menjabat sebagai Direktur dalam keputusan Rapat
Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 30 Oktober 2014. Beliau telah menjabat
peran-peran senior dalam bidang pemrograman dan produk teletivi,serja penjualan
dan pemasaran. Pada tahun 2000,beliau meraih gelar Master of Management dari
Universitas Indonesia di bidang Perbankan dan keuangan
6.
GWENARTY SETIADI
Direktur
Warga negara indonesia,lahir di Jakarta tahun 1962.
Beliau telah menjabat sebagai Direktur sejak 30 Oktober 2014. Karir gemilang
beliau dalam bidang Human Resources terbukti saat beliau memegang jabatan yang
prominen di Citibank. Beliau lulus dari Universitas Satya Wacana pada tahun
1982,dengan gelar Sarjana dibidang Agronomi.
7.
ARYA MAHENDRA
SINULINGGA
Direktur
Beliau menjabat sebagai Deputy CEO iNewsTV,Direktur
MNC Investama,Editor in Chief MNC Group,News Director & Corporate Secretary
Global tv,Komisaris Utama Sindo Weekly dan Direktur MCI. Lulus dari Institut
Teknologi Bandung (ITB) untuk sarjana Teknik Sipil pada tahun 1995.
8.
CHARLIE KASIM
Direktur
Independen
Warga negara indonesia,beliau lahir di Jakarta tahun
1972. Beliau telah menjabat sebagai Direktur Independen sejak 30 Oktober 2014.
Beliau telah menjabat peran-peran senior dalam bidang keuangan di industri
media di indonesia,serta Perseroan terkemuka lainnya. Beliau meraih gelar
Master dalam bidang Finance dari University of Houston,Amerika Serikat pada
tahun 1997.
v DEWAN
KOMISARIS
1. ROSANO
BARACK
Komisaris Utama
Warga negara indonesia,lahir di Jakarta tahun1953.
Beliau telah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Media Nusantara Citra Tbk
(MNC). Beliau juga merupakan Komisaris Utama PT Global Mediacom Tbk (MCOM) sejak
tahun 1998 dan saat ini memegang posisi sebagai anggota Direksi di beberapa
perusahaan afiliasi MCOM,antara lain Presiden Direktur PT Plaza Indonesia
Realty Tbk sejak tahun 2000. Beliau menyelesaikan pendidikannya di Waseda
University,Tokyo,Jepang pada tahun 1979.
2. BAMBANG
RUDIJANTO TANOESOEDIBJO
Komisaris
Warga negara indonesia,lahir di Surabaya tahun 1964.
Beliau telah menjabar sebagai Komisaris MNC sejak tanggal 25 Maret 2004. Saat
ini beliau juga menduduki beberapa posisi penting baik di Group Bhakti maupun
Group MNC,di antaranya adalah Direktur Utama PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) tahun
2004,wakil Komisaris Utama PT Rajawali Citra Teletivi Indonesia (RCTI) tahun
2013, dll. Selain itu beliau menjabat sebagai Komisaris U tama PT. Dos Ni Roha
(tahun 2007).
3. ADAM
CHESNOFF
Komisaris
Warga negara Amerika Serikat, lahir pada tahun 1965.
Beliau meraih gelas MBA dari UCLA Anderson School of Business, Amerika Serikat
pada tahun 1994. Beliau menjabat sebagai Komisaris Sejak tanggal 12 Desember
2011. Beliau juga menjabat sebagai President dan Chief Operating Officer Saban
Capital Group Inc., Direktor Univision, dan Direktor Utama dari Celestial Tiger
Entertaiment.
4. IRMAN
GUSMAN
Komisaris Independen
Warga negara Indonesia, lahir di Sumatra Barat pada
tahun 1062. Beliau menjabat sebagai Komisaris Independen sejak tanggal 19 April
2007. Beliau juga merupakan Ketua Komite Audit MNC. Beliau memiliki beragam
karir penting di instansi pemerintahan, antara lainnya sebagai politikus dan
bekerja dengan beberapa organisasi terkemuka dan badan nasional dan
internasional.
5. Drs.
SUTANTO
Komisaris Independen
Warga negara Indonesia, lahir di Pemalang, Jawa
Tengah pada tahun 1950. Beliau menjabat sebagai Komisaris Independen sejak
tanggal 12 Desember 2011. Beliau merupakan lulusan Akademi Kepolisian Republik
Indonesia, AKBRI (1973), perguruan tinggi Ilmu Kepolisian (1983), Sus Jur Pa
Rengar Hankam, Bandung (1986), Sespimpol, Lembang, Bndung (1990), Lenhannas
(2000).
D. Sejarah Logo
RCTI
1. Logo
Pertama
Logo ini adalah logo awal Rajawali Citra
Televisi Indonesia. Desain ini mulai digunakan dari tahun 1989 hingga tahun 1998.
Terdiri dari tulisan RCTI, dengan perpaduan warna ungu, merah, dan hijau dengan
membawa motif yang putus-putus. Logo ini merupakan revisi baru logo RCTI lama
(korporat) yang membuat warna lebih baik daripada sebelumnya.
2. Logo
Kedua RCTI
Logo lama RCTI yang digunakan saat
dilayar kaca, baik saat pembukaan siaran maupun saat iklan ini menampilkan
desain yang terlihat lebih tegas dibandingkan sebelumnya. Desain gambar ini
mulai digunakan sejak tahun 1990 hingga 1997.
3. Logo
ketiga non-korporat
Logo RCTI ini digunakan versi penggunaan
non korporat. Logo yang bertahan pada tahun1997 hingga 1999 ini, menampilkan
warna biru setelah sebelumnya barwarna ungu.
4. Logo
Keempat RCTI miring biru terang
Logo ini merupakan logo dengan desain 3D
pertama dari RCTI. Desain ini menampilkan warna Biru terang yang digunakan pada
layar kaca dari tahun 2000 hingga 2004.
5. Logo
Kelima RCTI miring biru tua
Desain ini mulai digunakan RCTI sejak
tanggal 24 Agustus 2000.
6. Logo
RCTI miring saat jeda komersial
Desainnya sama persis dengan logo kelima
namun mamiliki perpaduan warna abu-abu.
7. Logo
RCTI memasuki tahun 2000
Logo ini didesain khusus RCTI saat
memasuki era milenium. Digunakan sejak tahun 1999 hingga 2000. Desainnya
membawa tulisan 2000 dan juga salah satu selogan RCTI ‘Oke’.
8. Logo
13 tahun RCTI
Logo ini khusus dibuat untuk 13 tahun
RCTI mengudara pada tahun 2002 logo ini sering kita lihat.
9. Logo
15 tahun RCTI
Logo ini memperingati RCTI yang ke 15
tahun. Desain ini disisipi tulisan ‘Semakin Oke’ dan juga angka 15 didalamnya.
10. Logo
17 tahun RCTI
Logo ini dipersembahkan memperingati
RCTI yang ke 17. Logo ini sering kita saksikan pada tahun 2006, medekati hari
ulang tahun RCTI.
11. Logo
18 tahun RCTI (2007)
Desain ini terbilang unik dengan latar
belakang berwarna biru cerah bertabur bintang dan kembang api, RCTI
menghadirkan tema ‘Gemerlap Keajaiban Special yang ke 18’.
12. Logo
20 tahun RCTI
RCTI menghadirkan desain logo baru
tepatnya di tahun 2009.
13. Logo
21 tahun RCTI
Logo ini muncul pada tahun 2010 lalu.
14. Logo
24 tahun RCTI
Logo ini sempat terlihat pada tahun 2013
saja.
15. Logo
25 tahun RCTI (2014)
Logo RCTI 25 tahun yang diambil dari
situs resmi RCTI.
16. Logo
keenam RCTI dengan formasi tegak
Salah satu logo RCTI yang di desain
dengan model formasi tuisan yang tegak. Digunakan tanggal 20 Mei 2015 hingga
saat ini.
17. Logo
RCTI tegak saat jeda komersial
Logo RCTI ini didesain dengan warna
abu-abu digunakan saat jeda iklan.
18. Logo
26 tahun RCTI 2015
Logo ini didesain memperingati RCTI ke
26. Tepatnya di tahun kemarin (2015).
19. Logo
27 tahun RCTI
Logo yang saat ini muncul disaluran kaca televisi indonesia.
BAB
III
LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
A. Pelaksanaan Kegiatan
Kunjungan Industri ini dilaksanakan pada hari
Selasa tanggal 18 Juli 2017, yang dilakukan di Jakarta
1. Hari Pertama, Selasa, 18 Juli 2017
-
Jam 11.00 WIB : Berangkat dari sekolah
-
Jam 16.00 WIB : Isoma
-
Jam 17.00 WIB : Melanjutkan Perjalanan
-
Jam 04.00 WIB : Isoma (tiba di masjid At Tien)
2. Hari Kedua, Rabu, 19 Juli 2017
-
Jam 06.00 WIB : Berangkat menuju Kunjungan Industri
masing-masing
jurusan
-
Jam 08.00 WIB : Tiba di tempat Kunjungan
-
Jam 11.00 WIB : Menuju Objek Wisata Taman Mini Indonesia
Indah
-
Jam 13.00 WIB : Isoma
-
Jam 16.00 WIB : Meninggalkan TMII, perjalanan pulang menuju
sragen
-
Jam 17.00 WIB : Isoma (makan dan beli oleh-oleh)
-
Jam 18.00 WIB : Melanjutkan perjalanan pulang
3. Hari Ketiga, Kamis, 20 Juli 2017
-
Jam 07.00 WIB : Tiba di sekolah
B. Hasil Kegiatan
Dulu
saya kurang begitu memahami tentang multimedia, apalagi entertaiment, sekarang
saya mengerti apa fungsi dari alat-alat multimedia.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Saya
selaku penulis dengan hasil kunjungan saya dapat mentimpulkan bahwa:
Program
Kunjungan Industri pada PT. RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA dapat berlangsung
dengan baik berkat kerjasama yang baik antara siswa dengan guru pembimbing dan
karyawan PT. RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA.
B.
Saran
Sebelum
melaksanakan Kunjungan Industri hendaknya siswa mengetahui beberapa hal penting
tentang obyek yang akan dikunjungi. Selanjutnya untuk menjalin kemitraan dengan
jurusan multimedia perlu komunikasi yang baik antara sekolah dengan perusahaan
diuju, sehingga akan memudahkan siswa siswinya setelah lulus nanti.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar